Kemenhub Duga Lion Air Ganti Pesawat karena Jual Tiket Lebihi Kapasitas

Pesawat lion air


Jakarta - Chaos terjadi di runway Bandara Soekarno Hatta pagi tadi disebabkan karena calon penumpang Lion Air JT 898 menghadang pesawat Lion Air lainnya JT 778. Kemenhub menduga insiden itu disebabkan penjualan tiket pesawat yang melebihi kapasitas.

"Dugaan sementaranya adalah mereka menjual tiket melebihi kapasitas. Akibatnya pada saat hari H pesawat yang untuk mengangkut kurang," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (21/11/2015).

Lalu Lion Air, kata Hadi, mengajukan pengantian pesawat dari jenis Boeing 737 menjadi Airbus A 330. Kapasitas pesawat kedua lebih besar dari pesawat pertama.

"Jadi gambarannya dari pesawat awal yang kira-kira menampung 190 orang, diganti menjadi pesawat baru dengan daya tampung sekitar 300 orang," ujar Hadi.

Lion Air JT 898 itu dijadwalkan take off dari Bandara Soekarno Hatta ke Makassar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Hadi mengatakan, pengajuan penggantian pesawat itu baru dimasukkan pukul 08.00 WIB.

"Dan pengajuan itu tidak bisa langsung diterima. Perlu ada waktu," kata Hadi.

Hadi menyesalkan dengan tindakan management Lion Air yang mengajukan pengajuan penggantian pesawat di waktu yang sangat mepet -- bahkan setelah waktu take off yang seharusnya.

"Ini ada ketidaksinkronan antara bagian komersial dan bagian operasional mereka," ujar Hadi.
(faj/tor)

source : detik