√ Tips Mudah Melewati Petugas Imigrasi di Bandara Luar Negeri

Kini ada berbagai tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi baik di dalam dan luar negri. Jika Anda berniat untuk traveling ke negara lain, maka wajib hukumnya membaca artikel ini hingga tuntas. Jika traveling ke negara lain, mau tak mau harus melewat petugas imigrasi.
Sayangnya, banyak yang merasa takut saat memasuki bagian petugas migrasi karena tak sedikit yang ditolak.
Tak terbayangkan jika Anda ditolak oleh petugas migrasi. Bisa-bisa rencana indah Anda untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di negara tujuan gagal.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yuk simak tips di bawah ini agar perjalanan anda ke luar negeri berjalan lancar!



Tips Melewati Petugas Imigrasi Bandara Luar Negeri dengan Cepat


1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan


Saat memasuki area petugas imigrasi, segera persiapkan segala dokumen mulai dari paspor hingga visa. Jika dokumen yang Anda cari berada di tas, maka ambilah dengan tenang. Katakan pada petugas bahwa dokumen yang diminta berada di tas jika petugas menyuruh segera memberikan kartu identitas.
Baca juga : Daftar Negara Bebas Visa di Dunia

2. Berpakaian yang Sopan


Orang biasanya menilai seseorang dari penampilannya. Jika Anda melihat orang bertelanjang berlari di jalanan, mungkin Anda akan menganggap ia orang gila. Saat berada d bandara, pakailah pakaian yang sopan sehingga pihak migrasi tak mencurigai Anda.
Jika Anda menggunakan kaca mata hitam,sebaiknya dibuka & simpanlah di tas. Selain itu, aksesoris pun sebaiknya diletakkan dengan  rapi di tas kesayangannya Anda. Berpakaian yang sopan tak harus formal.
Untuk mengetahui lebih jelasnya, sebaiknya amatai perilaku di negara tujuan. Sangatlah tidak etis jika menggunakan tanktop dan celana pendek saat berada di negara Timur Tengah.

3. Bersikap yang Baik dan Ramah


Saat berhadapatan denga petugas migrasi, umumnya suasana terasa sangat tegang. Apalagi ekspresi petugas pun umumnya serius dan tak sedikit yang terlihat sangar. Namun, jangan terpengaruh. Tetaplah berusaha ramah dengan petugas dan tersenyumlah sewajarnya.
Perilaku di bandara saat berhadapan  dengan petugas ini sangat penting. Perhatikan dengan seksama apa yang diminta oleh petugas tanpa sibuk dengan gadget atau smartphone Anda. Bahkan, tangan pun usahakan tidak memegang gadget. Akan lebih baik untuk menyimpannya sejenak dalam tas. Usai lolos petugas migrasi, Anda bisa sepuasnya bermain gadget.
Jika Anda berbicara, badan mengarah ke petugas dan tatapan mata pun menyesuaikan. Mungkin Anda merasa letih usai melakukan penerbangan berjam-jam dari negara asal. Namun raut wajah yang buruk bisa mempersulit petugas keamanan.
Berikan senyuman dan sapalah dengan Selamat pagi atau sapaan lainnya. Jika Anda bersikap sopan, maka petugas pun akan melayani dengan baik.

4. Siapkan Mental Menjawab Pertanyaan


Selanjutnya, pihak migrasi akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait kunjungan Anda di negara tersebut.
Anda hanya perlu menjawab dengan yakin dan jujur mengenai kepentingan Anda di negara itu. Bisa jadi Anda akan mengikuti konferensi internasional atau sekedar traveling selama beberapa hari.

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan yaitu tempat menginap selama berada di negara itu. Selalu ingat nama dan jika memungkinkan catat nomor telepon hotel atau apartemen yang dituju. Hotel dan alamat ini biasanya akan dicek oleh petugas untuk memastikan turis tidak berbohong. Selain akomodasi biasanya akan ada pertanyaan kapan berencana pulang. Ada baiknya untuk menghafal jadwal kepulangan Anda sehingga pertanyaan ini bisa dijawab dengan mudah.

Itulah info tentang cara melewati petugas imigrasi bandara. Ingat, jangan takut ataupun terlihat aneh saat berhadapan dengan petugas. Dengan demikian, Anda akan berhasil lolos dalam pengecekan keimigrasian.