5 Pantai Terpopuler Di Yogyakarta yang Paling Banyak diminati

Inilah 5 Tempat Wisata Pantai Di Jogja Yang Mempesona
Siapa yang tak tahu Jogja?
Hampir semua orang pernah mendengar nama ini bahkan pernah mengunjunginya.
Jogja adalah sebuah kota di Indonesia dan termasuk daerah yang istimewa. Kota ini mempunyai budaya yang yang masih dijunjung tinggi oleh para peduduknya. Jogja disebut sebagai kota pelajar, ini disebabkan karena banyaknya universitas yang berdiri disini. Selain itu, Jogja juga mempunyai banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai di Jogja merupakan wisata yang paling disukai oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Sebagian besar pantai-pantai ini terletak di Jogja bagian selatan.

Berikut adalah tempat wisata pantai di Jogja yang wajib anda kunjungi :


1. Pantai Parangtritis, Bantul Yogyakarta


Pantai Parangtritis


Salah satu pantai yang paling terkenal & paling ramai di Jogja adalah Pantai Parangtritis.
Pantai ini merupakan pantai yang paling dekat dari kota Yogyakarta. Pemandangan matahari terbenam merupakan hal yang sangat menarik dari pantai ini.
Selain itu anda juga bisa berkeliling pantai menggunakan bendi yang banyak tersedia di sekitar pantai sambil menikmati panorama alam yang indah.
Ada hal menarik lain dari pantai ini, yaitu keberadaan sebuah reruntuhan candi dibalik tebing yang menjulang disebelah timur pantai. Candi ini bernama Candi gembirawati. Wisata Pantai di Jogja ini akan semakin indah bila dilihat dari atas tebing ini.

Pantai parang tritis berlokasi di wilayah kabupaten Bantul Yogyakarta.
Lihat mapnya disini

2. Pantai Indrayanti / Pulangsawal, Gunung kidul Yogyakarta


Pantai Indrayanti


Pantai yang terletak di Gunungkidul ini mempunyai panorama alam yang berbeda dengan kebanyakan pantai-pantai di Jogja.
Pantai Indrayanti biasa disebut juga pantai Pulang sawal, mempunyai pasir pantai berwarna putih bersih dengan air laut yang jernih. Selain itu, kumpulan tebing-tebing di sekitar pantai juga semakin menambah keindahan pantai yang mempunyai nama lain Pulang Syawal ini.

Kebersihan pantai Indrayanti juga sangat terjaga, ini disebabkan oleh ketegasan pengelola pantai dalam memberikan denda kepada siapa saja yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan. Jadi kalau kamu kesini jaga kebersihan juga ya!

Terdapat banyak restoran dan cafe di pantai ini yang bisa memenuhi hasrat kuliner anda. Selain itu, juga terdapat banyak penginapan bagi anda yang ingin bermalam di Pantai Indrayanti. Wisata pantai di Jogja belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi pantai yang satu ini.

Pantai Indrayanti/pulangsawal berlokasi di Kab. Gunung Kidul
Lihat mapnya disini

3. Pantai Jogan, Gunung kidul Yogyakarta


Pantai Jogan Gunungkidul Yogyakarta


Wisata pantai di Jogja berikutnya yang wajib anda kunjungi yaitu Pantai Jogan.
Pantai ini mempunyai panorama alam yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jogja. Terdapat air terjun di tebing yang berada dibibir pantai. Air terjun ini mengalir langsung menuju pantai yang sangat jarang ditemui di Indonesia.

Keunikan inilah yang membuat wisatawan tertarik untuk datang ke Pantai Jogan. Anda juga bisa bermain air di air terjun ini. untuk bermain air anda harus menuruni sebuah tebing yang yang menjulang cukup tinggi.

Pantai Jogan berlokasi di Purwodadi, Tepus, Kab. Gunungkidul Yogyakarta
Lihat mapnya disini

4. Pantai Krakal, Gunung kidul Yogyakarta


Pantai Krakal Gunung kidul Yogyakarta


Pantai krakal mempunyai pemandangan yang indah seperti halnya pantai-pantai di Jogja dan merupakan wisata pantai di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.
Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu cahaya matahari bisa bersinar menerangi pantai ini dari pagi sampai sore sepanjang tahun. Hal ini sangat disukai oleh wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang gemar berjemur di tepi pantai.

Jalan menuju pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan berupa bukit-bukit kapur di kanan kiri jalan, hal ini merupakan ciri khas wisata pantai di Jogja yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai Krakal beralamat di Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
Lihat mapnya disini

Lihat juga : Daftar Wisata Romantis di Jogja

5. Pantai Sundak, Gunung kidul Yogyakarta


Pantai Sundak, Gunung kidul Yogyakarta


Wisatawan yang pernah datang ke Pantai Sundak pasti mengatakan kalau pantai ini sangat indah. Pantai ini mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan menyelam. Air laut yang jernih semakin menambah kenikmatan anda dalam berenang dan menyelam. Selain panorama pantai yang mempesona, di pantai ini juga terdapat tebing yang cukup tinggi.

Terdapat gua di bawah tebing yang mempunyai sumber mata air yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Salah satu wisata pantai di Jogja ini juga terdapat restoran dan penginapan yang semakin menambah kenyamanan anda selama berwisata di pantai ini.

Pantai Sundak juga berlokasi di kabupaten Gunung Kidul
Lihat mapnya disini



Artikel Terkait