Pantai Balekambang Malang, Destinasi Wisata Terbaik di Jawa Timur

Salah satu destinasi wisata terbaik di Malang yaitu tempat wisata Pantai Balekambang, memiliki pantai dengan pasir putihnya yang lembut dan terdapat sebuah pura di atas pulau kecil yang tampak cantik dilihat dari kejauhan.
Letak pantai Balekambang ini berada di sebelah selatan Kabupaten Malang yakni tepatnya di Kecamatan Bantur, berjarak sekitar 65 km dari Kota Malang.




Lokasi Pantai Balekambang Malang


Untuk menuju Pantai Balekambang dapat di akses dengan melalui dua rute perjalanan darat, dimana rute pertama pengunjung bisa melewati Kecamata Gondanglegi, Bantur dan kemudian Desa Srigonco.
Sedangkan untuk rute kedua, para pengunjung bisa melewati jalur di Kecamatan Kepanjen, Pagak dan melalui Bantur. Ketika sudah sampai di lokasi, pengunjung akan dikenakan tiket masuk kurang lebih Rp 20 ribu.

Ketika dalam perjalanan menuju pantai Balekembang ini, dipastikan perjalanan Anda tidak akan membosankan, karena disepanjang perjalanan bisa sambil menikmati suasana alam pedesaan yang indah dan hijau alamnya yang menyejukan mata.
Namun untuk berwisata ke kawasan ini, sebaiknya Anda membawa perlengkapan seperti sunblock dan juga kacamata, agar Anda bisa menikmati indahnya pantai Balekambang dengan leluasa tanpa harus terganggu oleh teriknya sinar matahari yang menyorot tajam.



Di Pantai Balekambang ketika air laut sedang pasang, pastikan Anda selalu waspada karena di tempat ini ombaknya cukup besar. Namun ketika sedang surut, mata Anda akan dimanjakan oleh kawanan ikan hias yang cantik berada di sela-sela karangnya. Dari pinggir pantai, Anda juga bisa melihat tiga pulau kecil yang indah, pulau-pulau tersebut memiliki nama diambil dari tokoh pewayangan barayudha, seperti pulau Ismoyo, pulau Anoman dan pulau Wisanggeni.

Khusus di pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang cantik, biasanya pura tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara ritual dan adat lainnya. Anda pun bisa mendekat ke pura tersebut dengan berjalan menapaki sebuah jembatan yang memiliki lebar 1,5 meter. Tapi perlu diperhatikan, bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk memasuki kawasan pura tersebut, karena dianggap sebagai tempat suci, menurut kepercayaan setempat, jika saja melanggar aturan tersebut maka akan dirasuki oleh roh penunggu pura itu.


Nah, bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan Pantai Balekambang, telah tersedia bungalow, ataupun tempat camping, serta bisa juga menginap di rumah penduduk. Kemudian disana juga tersedia fasilitas lainnya seperti warung makan, kios penjual cenderamata dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, jika berlibur ke Malang wajib untuk mengunjungi kawasan wisata pantai ini dan bisa dijadikan destinasi wisata favorit Anda bersama dengan keluarga tercinta.

Artikel Terkait