Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Wisata Jakarta Murah Meriah

📍 Wisata Pulau Tidung Jakarta Memang menakjubkan. Pulau Tidung merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pulau ini mempunyai pemandangan indah yang bisa menghipnotis siapa saja yang datang ke pulau ini. Tak mengherankan bila tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari-hari biasa maupun pada hari libur atau akhir pekan.
Wisata Pulau Tidung menjadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya, selain dekat biayanya juga tidak terlalu menguras kantong.

Menikmati keindahan Alam Pulau Tidung





Wisata Pulau Tidung menawarkan wisata yang tradisional dan masih alami. Hal ini yang membuat wisatawan senang berkunjung kesini. Selain itu, keramahan para penduduk Pulau Tidung juga semakin menjadi daya tarik tersendiri.

Pulau Tidung mempunyai pasir pantai berwarna putih dan bersih yang membuat wisatawan betah berlama-lama berada disini. Hal inilah yang menjadi keunikan Pulau Tidung.

Wisata Tidung Besar adalah pulau terbesar di Kepulauan Tidung. Hampir semua kegiatan wisata berada di Pulau ini.
Terdapat dua saung di Pulau Tidung Besar yang merupakan tujuan utama para wisatawan, yaitu Saung Cemara Kasih dan Saung Pantai Perawan.
Kedua saung ini mempunyai pemandangan yang sangat indah disertai dengan pasir pantai berwarna putih yang bisa membuat para wisatawan terpesona dibuatnya. Selain pemandangan yang indah di saung ini juga terdapat toko yang menjual aneka makanan khas Pulau Tidung yang bisa memuaskan hasrat belanja anda.



Makanan khas Pulau Tidung yaitu kerupuk cue.
Kerupuk ini sangat cocok disantap sambil menikmati suasana pantai yang asri sambil dilengkapi minuman kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya yang banyak terdapat di sekitar Pulau Tidung.

Wisata Pulau tidung belum lengkap rasanya bila belum mencoba wahana water sport seperti banana boat, donat boat, jetski dan wahana permainan lain yang terdapat di Pulau Tidung.



Selain Pulau Tidung Besar, terdapat pula Pulau Tidung Kecil. Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni yang luasnya hanya sekitar 3 hektar. Meskipun tak seluas dan setenar Pulau Tidung Besar, tetapi pulau ini memegang peranan yang cukup penting di wisata Pulau Tidung.

Selain sebagai pelengkap, pulau ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan ekosistem di sekitar Kepulauan Seribu. Terdapat Jembatan Cinta yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Jembatan yang mempunyai panjang sekitar 700 meter ini menjadi ciri khas wisata Pulau Tidung.



Cara Menuju Lokasi Pulau Tidung

Ada dua cara yang sering digunakan untuk sampai ke Pulau Tidung, yaitu :

  1. Dari Muara Angke bisa menggunakan kapal fery.
    Untuk jadwal keberangkatan menggunakan speedboat yaitu: pukul 07:30 dari Marina Ancol menuju Pulau Tidung dan pukul 14:30 dari Pulau Tidung menuju Marina Ancol. Jadwal ini juga berlaku setiap hari. Pada hari minggu ada jadwal lain yaitu pukul 10:00 dari Marina Ancol menuju Pulau Tidung atau sebaliknya. Dengan tersedianya alat transportasi ini wisata Pulau Tidung menjadi semakin mudah untuk dijangkau.
  2. Dari Marina Ancol bisa menggunakan speedboat.
    Perjalanan menggunakan speedboat lebih cepat daripada menggunakan kapal fery. Jadwal keberangkatan menggunakan kapal fery yaitu: pukul 07:30 dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Tidung maupun sebaliknya, jadwal ini berlaku setiap hari. Ada jadwal khusus selain jadwal tadi, yaitu pukul 12.00 pada hari jum’at dan pukul 10.00 pada hari minggu.


Lihat Peta Lokasi Pulau Tidung kepulauan Seribu

Wisata Pulau Tidung merupakan alternatif tujuan wisata yang bisa anda pilih. Selain menawarkan wisata yang indah, pulau ini juga masih alami yang bisa menghilangkan segala penat karena aktifitas harian anda.
Jadi tidak ada salahnya bila anda memasukkan Pulau Tidung kedalam jadwal perjalanan wisata anda.

Artikel Terkait