❌ Daftar Barang-Barang Yang Dilarang Di Pesawat. Jangan Dibawa!

Pernah melihat seseorang yang barangnya disita di Bandara? Ya, ini adalah hal yang wajar karena tak semua barang diperbolehkan masuk ke area bandara terutama ke cabin atau bagasi pesawat.
Tak hanya harus merelakan barang kesayangan, Anda pun akan merasa malu saat orang-orang melihat penyitaan barang. Untuk itu, Anda perlu mengetahui barang apa saja yang tak boleh dibawa saat akan traveling menggunakan pesawat.
Selain menghindarkan dari malu, tips ini pun berkaitan dengan tingkat keamanan di bandara. Selain itu, perjalanan pun menjadi lebih nyaman.
Yuk simak info berikut ini!

Barang-Barang Yang Dilarang Di Pesawat


Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Di Pesawat :


1. Senjata Tajam

Senjata Tajam Dilarang di Pesawat

Jangan sekali-kali membawa senjata tajam jika tak ingin digeledah dan diamankan oleh petugas bandara. Meskipun tak berniat jahat, senjata tajam yang terbawa ini akan membuat para petugas curiga kepada Anda. Bisa-bisa Anda dikira penjahat oleh mereka.
Ada banyak jenis senjata tajam antara lain pisau dan cutter. Bahkan gunting dan gunting kuku pun tidak diperbolehkan karena berpotensi sebagai alat untuk menyakiti orang lain. Selain itu, pisau cukur pun tak diperbolehkan.
Jika memang terpaksa membawa gunting, maka terkadang diperbolehkan asalkan dletakkan di koper yang terletak di bagasi. Sebelum datang ke bandara, pisahkan terlebih dahulu.

2. Senjata Api

Senjata Api - benda dilarang di pesawat & Bandara

Ini adalah benda yang paling dilarang untuk dibawa baik di cabin maupun bagasi.
Hal ini berlaku di semua penerbangan baik dalam maupun ke luar negri. Jika berani membawa, jangan salahkan pihak bandara jika Anda ditahan dengan tuduhan sebagai orang yang beresiko mengganggu keselamatan para penumpang.

3. Bahan Peledak dan Gas

Bahan Peledak dan Gas - barang yang tidak boleh dibawa di pesawat

Selain senjata api, Anda pun dilarang membawa barang-barang yang mudah meledak atau terbakar. Bahan-bahan yang mudah terbakar ini bisa jadi berupa zat-zat atau senyawa kimia yang bisa membahayakan seluruh penumpang pesawat.
Bahan peledak yang dimaksud di sini bukan hanya bom saja. Namun, segala zat-zat kimia yang berbahaya pun tak diperkenankan dibawa. Jika meledak, tak terbayangkan bagaimana nasib penumpang di pesawat.
Tak hanya itu, para penumpang pesawat di bandara pun tak boleh membawa barang yang mengandung atau berbentuk gas. Gas ini pun beresiko terjadinya ledakan hebat di pesawat. Buang jauh-jauh niat untuk membawa bahan-bahan ini jika tak ingin repot di bandara.

4. Zat Cair

Zat Cair dilarang dibawa di pesawat

Zat cair dalam jumlah banyak tidak diperkenankan untuk masuk cabin. Bukannya penumpang tak diperkenankan membawa minuman, namun daya tampungnya sangat dibatasi. Bawalah air minum secukupnya tak lebih dari 100 ml. Jika terlalu banyak membawa, maka siap-sap saja pihak petugas bandara menyitanya.
Zat cair ini tak hanya minuman. Produk parfum pun tidak dijinkan di peaawat. Untuk parfum dan alat-alat kosmetik yang dibawa ada baiknya ditaruh di bagasi saja agar lolos dari petugas. Namun, untuk ukurannya sebaiknya disesuaikan. Jangan terlalu banyak.

5. Benda tumpul

Benda tumpul dilarang dibawa di pesawat

Benda tumpul tak boleh masuk cabin. Contoh dari benda-benda tumpul antara lain pemukul baseball, skateboard dan dayung. Benda-benda yang digunakan untuk berolahraga ini dapat membahayakan keselamatan penumpang.
Jika akan membawa ini, letakkan di bagian bagasi sehingga takkan membahayakan penumpang lainnya. Selain bisa membuat cidera penumpang, benda-benda ini pun akan memakan tempat di cabin.

Pihak bandara memang sangat ketat sekali dalam membuat peraturan terkait larangan-larangan barang yang boleh dibawa ke pesawat. Adanya peraturan ini bertujuan agar keselamatan penumpang terjaga. Sehingga para penumpang maupun awak kabin bisa menikmati perjalanan selama di pesawat.

Ada yang mau menambahkan jenis barang yang tidak boleh dibawa di pesawat? Langsung tambahkan di komentar yes :)

Artikel Terkait