√ Cek Kode Booking Tiket Keretamu, Pastikan Sudah Valid !

Nah, jika Anda sedang mencari cara cek kode booking kereta api, simaklah langkah-langkah di bawah ini.
Ketika musim liburan atau mudik tiba, banyak orang memilih menggunakan kereta sebagai transportasi umum favorit. Transportasi umum ini dinilai terjangkau dan jauh dari kata macet sehingga banyak orang yang memilihnya. Tak mengherankan apabila tiket kereta api ini ludes beberapa bulan sebulan hari keberangkatan. Apalagi kini tersedia berbagai pilihan kelas mulai dari kereta dengan harga yang murah hingga yang sedikit mahal dengan fasiltas yang ekslusif. Dapat dikatakan, PT KAI sengaja memberikan berbagai pilihan untuk berbagai kalangan.

Namun, sayangnya tidak sedikit yang merasa kebingungan saat melakukan pengecekan kode tiket. cara cek kode booking kereta ini bisa anda ikuti dengan mudah, karena bisa dilakukan secara online dari mana saja baik dari Smartphone ataupun laptop/PC aanda.

Cara Cek Kode Booking Kereta Api 


1. Mengunjungi Website Kereta Api


Tips pertama yang jarus dilakukan ialah menyiapkan pc, laptop atau smartphone yang memiliki koneksi internet yang baik. Selanjutnya, masuklah ke laman resmi kereta api yakni https://kai.id. Pastikan Anda tidak salah satu huruf pun karena apabila salah, maka halaman resmi takkan terlihat. Untuk mengakses laman ini, Anda bisa menggunakan smartphone kesayangan Anda.
Klik Menu PEMESANAN TIKET (via PC sebelah kiri, via smartphone sebelah kanan)

Cek Kode Booking Tiket Kereta di PC / Laptop
Tampilan Cek Kode Booking Kereta dari Laptop / PC


Cek Kode Booking Kereta dari hp
Tampilan Cek Kode Booking Kereta dari HP



2. Isikan Kode Booking 


Setelah membuka halaman web resmi ini, silakan mengisi kolom kode booking.
Untuk memperoleh cek booking Anda perlu memiliki kode pembayaran. Untuk mendapatkan kode pembayaran ini Anda harus membeli terlebih dahulu. Tiket kereta bisa booking secara online via halaman resmi tiket KAI.
Masukkan kode booking & Klik Tampilkan

Form Kode Booking tiket kereta api

Ingat, sebelum mengklik Tampilkan, perhatikan secara cermat kode yang Anda input. Salah sedikit saja, informasi tentang tiket kereta api Anda takkan bisa dicek.


3. Informasi Tiket Kereta yang Dipesan Akan Tampil


Selanjutnya, apabila kode booking sesuai dan tepat, maka informasi mengenai tiket yang Anda mililiki akan ditampilkan. Informasi yang akan Anda lihat diantaranya nama, status pembayaran, stasiun pembayaran hingga No ID dan tempat duduk. Nomer ID yang tertera merupakan nomer identitas Anda yaitu KTP.

Informasi Tiket Kereta yang Dipesan
Informasi Tiket Kereta yang Dipesan

Pada tahap ini, ada baiknya Anda memeriksa ulang apakah informasi yang tertera sudah sesuai dengan yang dipesan atau tidak. Pihak petugas atau staf kereta api ini akan mencocokkan identitas Anda dengan tiket Anda. Akan menjadi masalah apabila ada sedikit perbedaan antara data yang diinput saat booking tiket dengan kartu identitas Anda. Oleh karena itu, periksa baik-baik data pada halaman ini.

Silahkan simak videonya berikut ini untuk lebih detail cek kode booking tiket KAI  :


Lihat video di Youtube klik disini

Untuk mengecek tiket kereta api Anda, tak perlu datang repot-repot ke stasiun dan mengantri. Hal ini bisa dilakukan secara online. Hanya dengan mengandalkan internet dan smartphone kesayangan Anda, kondisi tiket beserta informasinya dapat diketahui dengan mudah. Akan tetapi, kondisi internet memiliki perananan sangat penting. Sebab, jika internet kurang baik maka akses membuka data tiket Anda pun akan terhambat. Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin jika halaman web tidak dapat diakses sama sekali.

Demikian info mengenai cara cek kode booking kereta api yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tiket Anda, Anda bisa lebih mengetahui sehingga tak perlu cemas mendekati hari keberangkatan Anda.
Ingat bahwa kode booking yang Anda terima setelah melakukan pembayaran ini sangat penting. Jangan sampai kode ini menghilang karena akan sangat fatal. Jika kode booking ini hilang, maka mau tak mau Anda perlu mengurusnya terlebih sebelum dapat melakukan pengecekan. Nah itulah info yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi terkait pengecekan kode booking ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait