√ Perbedaan Kelas Kereta Api : Ekonomi, Bisnis, & Ekskutif

Anda sebaiknya mengetahui perbedaan kelas-kelas kereta api yang tersedia. Sebab, perbedaan kelas ini sangat mempengaruhi fasilitas yang akan didapatkan oleh calon penumpang kereta api. Dengan memahami penjelasan lengkap tiap kelas kereta api, Anda bisa mendapatkan kursi penumpang yang nyaman dan sesuai dengan yang diinginkan saat beli tiket kereta.
Dengan demikian, perjalanan menggunakan kereta pun terasa lebih menyenangkan. Di bawah ini ada penjelasan singkat tentang kelas pada kereta api.

Kelas Kereta Api : Ekonomi, Bisnis, Ekskutif


Perbedaan Jenis-jenis Kelas Kereta Api :


1. Kelas Ekonomi


Tiket kereta api ekonomi ini menjadi incaran banyak calon penumpang karena tiket ini tergolong yang paling murah namun memiliki fasilitas baik.
Saat ini tiket kereta api kelas ekonomi sudah ditingkat fasilitasnya. Dengan adanya AC yang ada di kereta ini, penumpang bisa merasa nyaman dan jauh dari kata panas atau gerah.
Selain itu, penumpang yang tak memiliki kursi duduk tak boleh naik kereta api. Hal ini dilakukan untuk membuat para penumpang merasa nyaman berkendara.

Kelas ekonomi ini terdiri dari 2 pembagian kursi yaitu 2-2 dan 3-3. Jadi, para penumpang dapat menyesuaikan pemilihan tiket sesuai kebutuhan.

2. Kelas Bisnis


Beranjak ke tiket kereta api kelas berikutnya yaitu kelas bisnis. Dibandingkan dengan tiket ekonomi, kelas ini lebih nyaman dan memiliki harga yang sedikit lebih mahal.
Sedikit berbeda dengan kelas ekonomi, kelas bisnis ini memiliki kursi dengan susunan 2-2. Dengan susunan seperti ini, para penumpang akan jauh lebih menikmati perjalanan apalagi yang berpergian sendiri. Kursi tempat duduk di kelas ini lebih empuk jika dibandingkan dengan dengan kelas sebelumnya. Bahkan, uniknya kursi penumpang bisa diputar sehingga menghadap ke penumpang lainnya agar bisa berhadapan dengan penumpang lainnya.

3. Kelas Eksekutif


Tiket kereta api eksekutif merupakan tiket kereta yang super duper nyaman. Betapa tidak, para pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang mewah.
Salah satu fasilitasnya yang membuat banyak orang menyukainya ialah adanya gorden. Keberadaan gorden ini takkan ditemui di kereta kelas ekonomi maupun bisnis. Selain gorden, kereta api keren ini pun menyediakan bantal dan selimut sehingga para penumpang dapat tidur dengan tenang secara nyaman.
Kursi penumpang bisa dimundurkan jadi badan bisa tidur tanpa gangguan suatu apapun. Kursi penumpang ditata seperti kelas bisnis yaitu 2-2 seperti kursi di bus umum.
Kelas eksekutif ini memiliki harga yang  termahal diantara kelas kereta api lainnya.
Meskipun demikian, fasilitas yang diberikan oleh PT.KAI. Kereta ini menjadi idaman karena selain fasilitasnya lengkap, kecepatan sampai ke stasiun tujuan pun lebih cepat karena tidak singgah ke banyak stasiun.
Terlebih lagi, pada kaca kereta apai terdapat pelindung dari matahari. Bagi Anda yang ingin kereta api super ekspres, kereta dengan kelas eksekutif adalah jawabannya.

Demikian penjelasan lengkap tiap kereta api yang harus Anda ketahui. Dapat disimpulkan ada 3 kelas kereta api di Indonesia yakni ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Kelas ekonomi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin perjalanan murah meriah. Namun, jika ingin yang sedikit lebih fasilitasnya, gunakan kereta api kelas bisnis. Lain halnya apabila Anda tak mempermasalahkan harga tiket dan ingin fasilitas yang super, maka jangan ragu untuk memilih tiket kereta api kelas bisnis. Dijamin, perjalanan ke luar kota takkan terasa melelahkan. Sebab, rasanya seperti menginap di hotel berbintang.


Artikel Terkait