√ Cara Booking Tiket Kereta Api Online, di Web Resmi KAI

Booking tiket kereta api online di website resmi PT. KAI memang jadi pilihan terpercaya, karena web tersebut dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia sendiri.

Transportasi umum seperti kereta api semakin hari semakin digemari. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan fasilitas dan kenyamanan pada kereta api. Tak heran jika kini tiket kereta api ini laris manis. Harga tiket KAI bervariasi dari tiket dengan kelas ekonomi hingga eksekutif.

Penasaran bagaimana cara booking tiket kereta? Begini caranya mudahnya.

Cara Booking Tiket Kereta yang Mudah :


1. Buka Website PT KAI


Ada banyak sekali webiste yang menjual tiket kereta api secara online. Salah satu website terpecaya adalah dengan membeli langsung di PT KAI secara online yaitu https://kai.id/.
Begitu Anda klik alamat website tersebut, lihat bagian kiri dan klik bagian Pemesanan Tiket.

Form Pemesanan Tiket kereta api

Saat membooking tiket, Anda harus mengisi beberapa kolom yaitu lokasi berangkat, tujuan perjalanan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan pergi. Jika berencana pergi dengan bayi Anda, maka Anda bisa mengisinya di bagian infant.
Apabila telah mengisi secara lengkap, maka klik Pesan & Cari Kereta.

2. Pilih Tiket yang Diinginkan

Setelah diklik, halaman selanjutnya akan memuat berbagai informasi terkait tiket yang akan dibeli.

daftar harga tiket kereta api tersedia
Ada berbagai pilihan tiket kereta api mulai dari yang murah hingga mahal tergantung kelas yang diambil.
Tak hanya menyantumkan harga, pada halaman ini dapat dilihat jam keberangkatan dan waktu tiba. Bahkan, tersedia nama kereta api disertai dengan tersedia tidaknya tiket tersebut.
Tiket yang tidak tersedia akan tertulis Habis.
Langkah selanjutnya, Anda boleh memilih tiket apa yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan klik Pesan. Maka akan mucul detail tiket kereta yang kita pilih
detail tiket kereta


3. Konfirmasi Tiket


Apabiila telah yakin dengan jadwal keberangkatan Anda, silakan klik Booking.
Cara Booking Tiket Kereta Api Online

Pada saat konfirmasi, Anda diminta mencentang pernyataan yang menerangkan bahwa Anda menyetuji peraturan yang ditetapkan oleh KAI.
Sebelum menyetujuinya, Anda sebaiknya meneliti kembali apakah kereta api yang dipilih telah sesuai dengan yang diinginkan.
Apabila sudah benar, langkah selanjutnya adalah klik Lanjutkan.

4. Pengisian Data 

Setelah memilih tiket yang diinginkan, saatnya untuk mengisi data pribadi Anda. Data yang harus diisi antara lain nama lengkap, email, nomer telepon, dan alamat. Selain itu akan diminta pula mengisikan nomer NIK sesuai yang berlaku.

isi form data penumpang kereta api


Isilah data pribadi ini dengan teliti. Sebab saat di stasiun, pihak petugas akan memeriksa kecocokan antara identitas Anda dengan tiket yang telah dibeli. Kesalahan pengisian data bisa menjadi kesalahan yang fatal. Anda harus berhati-hati saat melakukan pengisian. Jika telah mengisi tahap ini, Anda bisa klik Lanjutkan.

5. Lakukan Pembayaran


Ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan antara lain ATM, Doku Wallet, Master Card dan di beberapa supermarket seperti Alfamart dan Alfamidi.

metode pembayaran tiket kereta api

Setelah memilih cara pembayaran, Anda bisa segera membayarnya.

6. Konfirmasi Tiket

Penting untuk diketahui! Bahwa setelah melakukan pembayaran, simpan baik-baik struk pembayaran atau catat kode pembayarannya. Hal ini diperlukan untuk konfirmasi tiket yang telah dibeli.

Caranya mudah, masuk kembali ke website https://kai.id/ dan klik menu Cek Kode Booking. Masukkan kode pembayaran dan tiket pun telah terbeli. Lihat detail panduannya : Cara cek kode booking kereta 

Cek Kode Booking tiket kereta Api


Demikian info mengenai cara booking tiket kereta. Pembelian tiket ini bisa dilakukan di mana saja asalkan laptop atau smartphone yang digunakan terkoneksi dengan jaringan internet.

Langkah lebih jelas, anda bisa simak video panduan berikut :


Lihat juga : Cara Pembatalan Tiket Kereta Api 

Perlu Anda ketahui, tiket kereta api yang telah dibeli secara online ini harus dicetak terlebih dahulu di stasiun. Bagi Anda yang tidak ingin antre panjang membeli tiket kereta di stasiun, ini adalah cara alternatif yang bisa dilakukan. Selain mudah, prosesnya pun cepat.

Artikel Terkait