√ Ini Tipsnya, Naik Kereta Ekonomi Nyaman dan Menyenangkan

🔵 Jika Anda dan keluarga tertarik untuk naik kereta api kelas ekonomi untuk perjalanan jarak jauh Anda, ada sedikit tips yang bisa Anda lakukan agar perjalanan Anda akan terasa nyaman plus aman.

Ada banyak orang yang memilih berpergian naik kereta api. Transportasi ini disukai masyarakat Indonesia karena selain sampai tujuan tepat waktu, harganya pun bervariasi dari yang mahal hingga super ekonomis.
Tiket kereta api jenis ekonomi sangat diminati warga karena kereta ini harganya murah sehingga kalangan menengah ke bawah bisa menikmatinya.
Dahulu, kereta api jenis ini kurang nyaman karena pedagang asongan bisa naik tanpa tiket masuk. Sekarang, suasana kereta lebih kondusif sehingga tiket kereta ini sering habis bahkan sejak jauh-jauh hari.


Berikut Tips Naik Kereta Ekonomi yang Nyaman & Menyenangkan :


Tips Naik Kereta nyaman aman

1. Booking Jauh-jauh Hari


Perlu diingat, Anda perlu booking tiket kereta jauh-jauh hari agar mendapatkan tiket dengan posisi kursi yang diinginkan. Jika nekat membeli mendekati hari keberangkatan, maka siap-siap saja merasa kecewa lantaran tidak mendapatkan kursi sama sekali.
Kini booking kereta bisa dilakukan secara onlne mulai dari pemesanan hingga pembayarannya. Ada beberapa pilihan diantaranya membeli via website resmi PT KAI atau memesan via agen tiket.

2. Datang Lebih Awal Untuk Check In


Jika telah membeli tiket kereta, jangan langsung merasa lega. Anda perlu melakukan cek in terlebih dahulu di stasiun. Peraturan mengenai cek in dan boarding pass ini telah diterapkan sejak beberapa waktu yang lalu. Sayangnya, tak semua calon penumpang mengetahui caranya.

Anda sudah bisa melakukan cek in di stasiun sejak 12 jam sebelum keberangkatan. Sebenarnya caranya mudah. Anda hanya perlu datang beberapa jam sebelum berangkat dan langsung menuju mesin CTM yang terletak di stasiun. Masukkan kode booking yang telah Anda dapatkan. Pastikan kode booking anda valid. Anda bisa juga cek kode booking tiket kereta anda secara online.
Mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) Kereta Api
Mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) Kereta Api

Selanjutnya, mesin akan mencetak boarding pass Anda apabila data yang diinput atau dimasukkan sesuai.

3. Bawa Penghangat Badan

Kini kereta api ekonomi dilengkapi dengan AC yang bisa membuat perjalanan semakin nyaman. Sayangnya, terkadang AC bisa terasa sangat dingin terutama jika melakukan perjalanan di malam hari. Karena kereta ini tak menyediakan bantal maupun selimut penghangat, maka disarankan untuk membawa sendiri jika ingin menikmati perjalanan tanpa rasa dingin yang menusuk tulang.
Bagi yang memang kuat dengan rasa dingin, mungkin baju berbahan tebal seperti jaket atau sweater sudah menghangatkan Anda. Namun, jika yang tidak biasa dengan tidur menggunakan AC, sebaiknya bawa penghangat. Apabila bawa selimut dan bantal terlihat merepotkan, maka Anda bisa menyewa saja di kereta. Anda hanya perlu bilang pada petugas cabin yang bertugas.

4. Bawa Bekal


Kok, penulis lihat bekal ini malah ngiler ya :D

Jika Anda harus menghabiskan waktu selama belasan jam di kereta api, maka lambat laun Anda akan merasa lapar. Nah, sebaiknya bawalah bekal makanan dari rumah. Anda bisa membeli nasi atau snack yang mampu mengenyangkan perut. Membeli makanan sebelum naik ke kereta ini dianjurkan agar Anda bisa mendapatkan makanan sesuai dengan selera Anda.
Apabila tak ingin repot-repot menyiapkan dari rumah, Anda bisa membeli di kereta. Namun, menu masakannya tidak selengkap apabila membeli di luar kereta. Anda bisa memilih cara mana saja yang Anda suka.

5. Lakukan Sesuatu Hal


Perjalanan selama belasan jam bisa menjadi sangat membosankan jika Anda tak melakukan apapun. Di sini Anda bisa membaca novel, bermain games, atau bisa mengobrol dengan orang yang ada di dekat Anda untuk menciptakan suasana kereta yang nyaman.

Itulah beberapa tips jika saat naik kereta ekonomi jarak jauh tetap nyaman & menyenangkan. Apakah anda ada tips lain naik kereta ekonomi? Tambahkan di komentar ya :)


Artikel Terkait