√ Tips-Tips Pertama Kali Naik Pesawat Sendiri. Mudah Kok!

Bagi sebagian orang , naik pesawat terasa menegangkan apalagi bagi yang belum pernah. Nah, di sini kami akan memberikan sedikit penjelasan bagaimana menghadapinya. Tips ini dibuat khusus untuk Anda yang ingin memiliki pengalaman penerbangan pertama yang nyaman dan aman.

Pesawat terbang menjadi pilihan utama saat ingin mencapai suatu tempat yang jauh tanpa membutuhkan waktu yang banyak. Apalagi kini harga tiket pesawat sangat beragam mulai dari yang murah hingga mahal sehingga orang dengan berpenghasilan pas-pasan pun dapat naik transportasi umum ini.
Jika Anda salah satu dari orang yang akan naik pesawat untuk pertama kalinya, ada beberapa tips naik pesawat yang harus Anda ketahui.


Tips-Tips Naik Pesawat Sendiri Pertama Kali :


Tips Naik Pesawat Sendiri Pertama Kali



1. Perhatikan Barang Bawaan Anda


Sebelum datang ke bandara, Anda pastikan untuk membawa barang-barang yang diperbolehkan saja. Jangan membawa benda tajam atau benda yang mudah terbakar karena ini barang akan disita oleh petugas begitu sampai di bandara.
Sebelum packing, Anda perlu mengetahui apa saja yang boleh dimauskkan ke cabin dan apa saja yang boleh dimasukkan ke bagasi. Hal ini akan membuat pemeriksaan oleh pihak security lancar.
Selain itu, periksa batas minimal berat barang yang boleh dibawa ke pesawat.
Untuk bagasi maskapai, umumnya maksimal 15 kg per orangnya. Atau anda bisa lihat ketentuan bagasi tiap pesawat.
Anda bukannya tak diperbolehkan membawa lebih dari 15 kg. Namun, kelebihan muat barang ini menyebabkan calon penumpang dibebankan sejumlah biaya tambahan. Jika tak ingin ada biaya tambahan, jangan terlalu banyak barang. Lihat kelebihan biaya bagasi jika bawaan anda over bagasi.

2. Jangan Datang Terlambat


Begitu Anda ketinggalan pesawat, Anda akan menyesal. Maka dari itu, Anda harus datang setidak-tidaknya 2 jam sebelum keberangkatan. Sebab, Anda perlu cek ini dan ini memakan waktu karena ada adanya antrian penumpang. Lain halnya jika Anda sudah cek ini di rumah dan tidak perlu membawa barang ke bagasi, maka datang sejam sebelumnya pun tak masalah.

3. Cek Tiket dengan Seksama


Memahami cek dengan teliti adalah keharusan. Sebelum sampai di bandara, lihat tiket dan ingatlah di pintu atau terminal mana tepat pesawat Anda berada.
Di  bandara Internasional, jarak antara terminal satu dengan terminal lainnya bisa sangat jauh. Salah masuk terminal bisa-bisa membuat Anda ketinggalan pesawat. Anda tentu tak ingin mengalaminya, bukan?
Di bagian tiket juga tercantum mengenai kapan pesawat akan landas. Apabila tidak memahami perihal tiket ini, maka begitu sampai di bandara tanyakan pada pihak customer service.

4.Pahami Urutan Masuk Ke Bandara


Ini adalah poin penting. Untuk Anda yang baru pertama kali naik pesawat, Anda sebaiknya mengingat ini.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan begitu sampai di bandara adalah segera masuk ke pintu masuk terminal bandara dengan membawa tiket atau kode booking pemesanan tiket pesawat. 
  2. Selanjutnya, Anda beserta barang bawaan masuk ke bagian cek in. Pada tahap ini, pastikan Anda mengantri di maskapai yang akan digunakan. 
  3. Di bagian cek in, petugas akan memeriksa kode atau tiket yang tercetak dan melakukan penimbangan barang bawaan Anda. Untuk mempercepat antrian, ada baiknya anda melakukan checkin online sebelumnya.Meskipun Anda tak membawa barang bawaan, Anda wajib cek ini di bandara, kecuali Anda telah melakukan cek in sebelumnya. 
  4. Kemudian, barang yang diletakkan di bagasi akan diurus oleh pihak bandara dan Anda hanya akan membawa barang-barang yang diletakkan di cabin. 
  5. Sebelum masuk ruang tunggu, Anda harus melewati security untuk dilakukan pengecekan.
  6. Selanjutnya, Anda bisa dengan tenang menunggu di ruang tunggu yang disediakan.


Itulah beberapa tips naik pesawat untuk Anda yang belum pernah naik pesawat sebelumnya. Selamat minikmati penerbangan anda !

Artikel Terkait