√ Cara Pembatalan / Refund Tiket Kereta Api, Sesuai Aturan Resmi PT. KAI

Mungkin sebagian dari Anda merasa bingung bagaimana cara pembatalan tiket kereta yang telah dibeli. Pembatalan tiket ini memerlukan beberapa proses mudah kok.

Rencana boleh dirancang, namun Tuhanlah yang menentukannya. Terkadang, liburan yang telah dirancang jauh-jauh hari harus ditunda karena berbagai alasan. Anda mungkin kecewa dan merasa tiket Anda terbuang sia-sia. Namun, Anda tak perlu risau karena tiket yang telah dibeli dapar direfund kembali.

Bagi Anda yang ingin membatalkannya, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan. Simaklah prosedur pembatalan tiket di bawah ini!

Cara Membatalkan Tiket Kereta yang Mudah :


1. Datang ke Stasiun


Anda tak perlu khawatir karena uang pembelian tiket bisa dikembalikan sebesar 75%. Untuk persyaratannya, Anda datang ke stasiun selambat-lambatnya 30 menit sebelum tiket keberangkata. Tak ada cara lain selain datang langsung ke stasiun.
Sayangnya, tak semua orang memiliki waktu untuk datang ke stasiun. Anda tak perlu khawatir karena jika tak bisa hadir, Anda dapat mengirim orang lain yang telah Anda beri surat kuasa. Keharusan membawa surat kuasa ini dibutuhkan agar tdak terjadi kecurangan yang mengatasnamakan diri Anda. Adanya cara alternatif ini sangat memudahkan orang-orang yang tak sempat datang ke stasiun.

2. Bawa Surat Kelengkapan 


Sebelum datang ke stasiun kereta, silakan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Anda diwajibkan membawa kartu identintas asli seperti KTP beserta fotokopiannya. Jika diwakilkan, maka orang yang Anda beri kuasa pun harus membawa surat kuasa.
Jumlah berkas yang dibawa ke stasiun ini tergantung jumlah penumpang yang ingin direfund. Pastikan identitas yang dibawa sesuai dengan tiket yang ingin dibatalkan.

3. Isi Formulir Pembatalan Tiket Kereta


Saat berada di stasiun untuk pembatalan, dengarkan pihak petugas dengan baik. Di stasiun, Anda akan diminta untuk mengisi 2 rangkap formulir pembatalan yakni formulir pertama untuk data penumpang dan yang satunya ialah formulir tiket.
formulir pembatalan tiket kereta api

Saat melakukan pengisian data jangan tergesa-gesa karena yang terpenting adalah informasinya sesuai dengan data yang sebenarnya. Apabila salah pengisian maka harus mengulang dari awal.

4.Kembalikan Formulir Pembatalan


Sebelum mengembalkan formulir, cek ulang apakah data yang disikan telah sesuai atau belum. Saat pengembalian formulir, Anda akan mendapatkan informasi bahwa formulir pembatalan telah disahkan dan dapat diambil sekitar 30 hari setelah pembatalan terjadi. Simpan baik-baik surat pembatalan karena apabila hilang Anda harus mengurus surat kehilangannya di kepolisan.

5. Penerimaan Refund / Pengembalian Dana


Bicara soal refund, Anda bisa meminta untuk ditransfer ke rekening atau mengambil langsung ke stasiun.
Memang, uang yang dikembalikan tak bisa 100%. Namun pengembalian sebesar 75% itu sudah lebih dari cukup daripada tiket hangus sama sekali.
Jika memilih transfer ATM, Anda hanya perlu menunggu dengan sabar selama 30 hari kemudian.

Perlu diketahui, ketika ingin refund tiket sebaiknya jangan datang terlalu mepet ke stasiun. Sebab, di stasiun pun Anda harus antri dan tak bisa langsung dilayani. Apalagi saat peak seson atau musim liburan. Jika Anda datang lebih dari 30 menit dari jadwal keberangkatan, maka ucapkan selamat tinggal pada tiket Anda. Sebab, tiket Anda tak bisa direfund.

Lihat juga : Cara Booking Tiket Kereta Api Online di Web Resmi PT. KAI

Demikian adalah cara membatalkan tiket kereta api yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahuinya jauh-jauh hari, maka jika sewaktu-waktu mengurus pembatalan, Anda takkan merasa kebingungan. Jangan sampai tiket Anda hangus karena Anda tak mengetahui cara mengurus pembatalan tiket KA. Semogai informasi ini berguna untuk Anda.