√ Cara Cepat Melewati Pengecekan Keamanan di Bandara

Berikut tips praktis agar Anda segera lolos melewati bagian keamanan Bandara, seperti pengecekan barang bagasi dengan metal detector Xray & pemeriksaan lainnya.✅

Pesawat adalah transportasi umum yang nyaman dan terjangkau. Dahulu, hanya orang kaya saja yang mampu naik pesawat. Kini, harga tiket pesawat bervariasi dan bahkan terkadang dijual dengan harga yang rendah untuk tiket promo. Meskipun nyaman, namun para pengunjung harus melewati bagian keamanan bandara terlebih dahulu. Bagi yang tak terbiasa, aturan ini terdengar ribet. Namun, hal ini sangat penting bagi keselamatan penumpang.

Tips ini sangat penting. Terutama bagi Anda yang baru pertama naik pesawat. Anda tidak mau bukan berlama-lama berdiri diperiksa oleh para petugas? Berikut ulasannya!

Cara Melewati Pengecekan Keamanan tanpa mengelabui metal detector Bandara

Tips Melewati Pengecekan Keamanan di Bandara :


1. Bawa E-ticket Atau Kode Booking


Cara Cepat Melewati Pengecekan Keamanan di Bandara siapkan Tiket
Contoh etiket pesawat


Di pintu pertama bagian bandara, Anda akan diminta memperlihatkan kode booking beserta kartu identitas yang dimiliki.
Nah, pastikan Anda sudah mengeluarkannya dari dompet. Atau letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Siapkan Kartu ID (KTP/ Pasport) & Tiket anda (atau Bording pass, jika anda sudah checkin online).
Jangan meletakkan di koper atau tempat yang sulit dijangkau. Percayalah, Anda akan kesusahan dan membutuhkan waktu sehingga menyebabkan antrian.

2. Pilah Barang Bagasi & Barang Cabin


Saat packing barang, pilahlah dengan baik yaitu yang satu barang bagasi dan satunya barang cabin. Setiap maskapai memiliki peraturan ketat yang tak bisa digangu gugat diantaranya mengenai jumlah barang yang boleh masuk ke bagasi.
Jika tak ingin lama-lama, maka sebaiknya gunakan fasilitas cabin saja. Jika tak menggunakan bagasi, Anda tak perlu lagi antri sesaat setelah mendarat karena barang bawaan Anda sudah di tangan.
Ketentuan Bagasi & kabin pesawat bisa anda baca disini.

3. Hindari Bawa Barang yang Dilarang


Barang yang dilarang Keamanan di Bandara

Jika tak ingin berlama-lama dipelototi petugas, sebaiknya jangan membawa senjata tajam seperti gunting atau barang-barang cairan dalam jumlah yang tidak wajar. Terkadang, benda cair seperti parfum atau minuman dalam jumlah tertentu tak diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat.
Jika membawa barang yang dilarang, mau tak mau Anda harus membongkar tas atau koper kesayangan Anda. Anda tak hanya menghabiskan banyak waktu, namun Anda mungkin akan dilanda rasa malu pada orang-orang yang berada di sekitar.
Baca : Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

4. Lepas Ikat dan Jam Tangan


Logam dilarang saat Pengecekan Keamanan di Bandara

Jika Anda menggunakan ikat pinggang berbahan logam lepaslah sejenak terutama saat melewati bagian keamanan usai melakukan cek in.
Pada tahap ini, Anda dan barang-barang akan diperiksa sehingga jika tak melepas ikat pinggang sendiri, alarm akan berbunyi dan Anda akan diminta oleh pihak petugas keamanan.
Selain sabuk, jam tangan kesayangan pun harus dilepaskan sejenak dan diletakkan di tempat yang disediakan.
Intinya, berbagai barang logam termasuk sabuk harus dilepaskan sejenak. Maka dari itu, turuti peraturan ini baik-baik.

5. Hati-hati Memakai Sepatu


Cara Melewati Pengecekan Keamanan Bandara lepas sepatu jika diminta scurity

Di saat-saat tertentu, sepatu bisa jadi barang yang mencurigakan. Terkadang pihak petugas meminta untuk melepas sepatu jikalau terdapat hal-hal yang membahayakan.
Hindari memakai sepatu yang susah dilepas. Alih-alih terlihat keren, Anda bisa menghabiskan waktu di tempat pengecekan.
Bukannya Anda tak boleh memakai sepatu, namun pakailah alas kaki atau sepatu yang mudah dilepas seketika.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin tdak berlama-lama diinterogasi oleh petugas keamanan di bandara. Dengan mempersiapkan segala hal dengan baik, maka Anda bisa dengan nyaman melewati petugas. Waktu pun bisa dihemat sehingga Anda bisa menikmati suasana bandara dengan nyaman tanpa hambatan apapun.