Ketinggalan Pesawat ? ▶ Ini Prosedur Yang Harus Dilakukan

Anda pernah ketinggalan pesawat di bandara? Tentu ini hal yang menyesakkan. Ikuti prosedur berikut sebagai solusi anda jika ketinggalan pesawat. Apapun pesawat anda, baik Garuda, Citilink, Air Asia, Lion Air, dll.

Ada banyak sekali alasan  seseorang bisa ketinggalan mengejar pesawat. Bisa saja ia bangun kesiangan karena alarm tak berbunyi. Atau mungkin saja kemacetan di jalan menghambat seseorang sampai bandara tepat waktu. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Jika sudah begini, banyak orang bingung. Apa yang harus dilakukan jika pesawat telah lepas landas.
Jika Anda salah satu penumpang yang sedang kurang beruntung sehingga harus kehilangan pesawat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Prosedur Jika Ketinggalan Pesawat


Prosedur Jika Ketinggalan Pesawat yang Bisa Anda Ikuti :


1. Bersikap Tenang


Rasa sedih dan penyesalan mungkin akan menghantui Anda. Jangan bersedih terlalu lama. Saat tahu pesawat Anda telah lepas landas. Duduklah dan tenangkan hati. Jika hati tak tenang, akan sulit untuk berfikir dan mencari jalan keluar. Pikiran yang tenang dapat membuat solusi lebih mudah didapat. Usap air mata dan berdamailah dengan diri Anda. Anda hanya sedang menjalani hari yang tidak sesuai rencana saja.

2. Hubungi Pihak Maskapai


Menghubungi pihak maskapai pesawat adalah hal yang selanjutnya harus Anda lakukan. Anda bisa datang ke counter maskapai ataupun menghubungi call center maskapai.
Tanyakan kepada pihak penerbangan apakah ada refund atas persitiwa ketinggalan pesawat yang barusan Anda alami. Memang, umumnya tiket yang terbeli dan tidak terpakai umumnya hangus alias tak bisa direfund.
Jika memang tak bisa direfund, maka tanyakan apakah ada tiket penerbangan selanjutnya yang masih bisa dibeli. Syukur-syukur ada potongan diskon khusus untuk Anda.
Saat peak season, akan sedikit susah mendapatkan tiket penerbangan jika membeli secara mendadak. Namun, pihak penerbangan lah yang paling mengetahui tentang persedian seat penerbangan.

3. Beli Tiket


Jika ternyata ada tiket tersisa di penerbangan selanjutnya, segeralah membeli. Jangan buang-buang waktu karena waktu Anda sangat terbatas. Kecuali, jika Anda ingin membeli untuk hari lain. Saat ini pembelian tiket bisa dilakukan secara online ataupaun di travel agen.
Di bandara pun tersedia mesin ATM sehingga pembayaran atas pembelian tiket bisa langsung dilakukan. Agar lebih praktis, belilah tiket secara online dan bayar dengan ATM atau mbanking. Pembelian tiket bisa Anda lakukan tanpa meninggalkan bandara.

4. Stand By


Setelah membeli tiket, lihat bagian e-ticket jam berapa akan lepas landas. Tetaplah stand by dengan pengunguman di bandara. Jangan pergi terlalu jauh dari area bandara jika durasi penerbangan tidak lama.
Waktu bisa saja berlalu sangat cepat tanpa terasa. Sejam di bandara bisa saja terasa cepat. Ada banyak fasilitas di bandara yang bisa Anda nikmati mulai dari wifi yang kencang hingga restoran dengan makanannya yang lezat.
Atau, Anda bisa menulis tentang perjalanan tak terlupakan Anda yang ketinggalan pesawat. Jika Anda doyan menulis dan akan pergi traveling, ini akan menjadi bahan tulisan yang menarik. Selain menulis, Anda bisa asyik mendengarkan lagu sambil duduk di tempat nyaman. Di bandara ada banyak hal yang bisa dilakukan sembari menunggu pesawat tiba.

5. Cek in Online

Sambil menunggu pintu keberangkatan dibuka. Sebaiknya gunakan fasilitas cek in online karena ini akan memudahkan Anda. Betapa tidak, jika Anda tak kunjung tiba atau masuk pesawat, nama Anda telah tercatat sehingga akan dipanggil. Selain itu, Anda pun bisa memilih seat yang diinginkan.

Itulah  yang harus Anda lakukan begitu mengetahui jika ketinggalan pesawat. Tenang, itulah hal yang harus dilakukan sebelum akhirnya membeli tiket penerbangan selanjutnya. Keep smile :)

Ada pertanyaan tentang prosedur ketinggalan pesawat? langsung tulis di komen yes


Artikel Terkait